EVALUASI
- Definisi Evaluasi
(1)
Bloom
et. al : “Evaluation, as we
see it, is the systematic collection of evidence to determine whether in fact
certain changes are taking place in the learners as well as to determine the
amount or degree of change in individual students.”
Artinya : Evaluasi, sebagaimana kita lihat, adalah
pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam
kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana
tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
(2)
Stufflebeam
et. al, : “Evaluation
is the process of delineating, obtaining, and providing useful information for
judging decision alternatives.”
Artinya
: Evaluasi merupakan proses
menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai
alternative keputusan.
(3)
Sukesilverius
: “Professional
judgment or a process that allows one to make a judgment about the desirability
or value of something.”
Artinya
: Pertimbangan professional atau suatu proses yang memungkinkan seseorang
membuat pertimbangan tentang daya tarik atau nilai sesuatu.
- Tujuan Evaluasi Pendidikan
a) Input :
Yaitu bahan mentah yang dimasukkan ke
dalam transformasi. Dalam dunia sekolah maka yang dimaksud dengan bahan mentah
adalah calon siswa yang baru akan memasuki sekolah. Sebelum memasuki suatu
tingkat (institusi), calon siswa itu dinilai dahulu kemampuannya. Dengan
evaluasi itu ingin diketahui apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan
melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan kepadanya.
b) Output :
Yaitu bahan jadi yang dihasilkan oleh
transformasi. Yang dimaksud dalam pembicaraan ini adalah siswa lulusan sekolah
yang bersangkutan. Untuk dapat menentukan apakah seorang siswa berhak lulus
atau tidak, perlu diadakan kegiatan evaluasi.
c) Transformasi :
Yaitu mesin yang bertugas mengubah bahan
mentah menjadi bahan jadi. Dalam dunia sekolah, sekolah itulah yang dimaksud
dengan transformasi. Sekolah itu sendiri terdiri dari beberapa mesin yang
menyebabkan berhasil atau gagalnya sebagai transformasi.bahan jadi yang
diharapkan, yang dalam hal ini siswa lulusan sekolah ditentukan oleh beberapa
factor sebagai akibat bekerjanya unsur-unsur yang ada. Unsur-unsur transformasi
sekolah tersebut Antara lain :
a. Guru
dan personal lainnya.
b. Bahan pelajaran.
c. Metode
mengajar dan sistem evaluasi
d. Sarana
penunjang.
e. Sistem
administrasi.
d) Umpan balik (feed back) :
Yaitu segala informasi baik yang
menyangkut output maupun transformasi. Umpan balik ini diperlukan sekali untuk
memperbaiki input maupun transformasi. Lulusan yang kurang bermutu atau yang
belum memenuhi harapan, akan menggugah semua pihak untuk mengambil tindakan
yang berhubungan dengan penyebab kurang bermutunya lulusan.
Penyebab-penyebab tersebut Antara lain :
a. Input
yang kurang baik kualitasnya.
b. Guru
dan personal yang kurang baik.
c. Materi
yang tidak atau kurang cocok.
d. Metode
mengajar dan sistem evaluasi yang kurang memadai.
e. Kurangnya
sarana penunjang.
f. Sistem
administrasi yang kurang tepat.
- Fungsi Evaluasi Pendidikan
1.
Evaluasi berfungsi selektif.
2.
Evaluasi berfungsi diagnostic
3.
Evaluasi berfungsi sebagai penempatan
4.
Evaluasi berfungsi sebagai pengukuran
keberhasilan
- Tujuan Evaluasi Hasil Belajar (Pendidikan)
1. Tujuan
Umum
a) Untuk menghimpun data tentang taraf kemajuan dan perkembangan
peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu
tertentu. (Sampai di mana keberhasilan mereka dalam mencapai tujuan
kurikuler).
b) Untuk mengetahui efektifitas metode pengajaran yang digunakan dalam
proses pembelajaran.
2. Tujuan
Khusus
a) Untuk merangsang peserta didik dalam program
pembelajaran
b) Untuk mencari faktor keberhasilan dan kegagalan peserta didik dalam
mengikuti pembelajar
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar