Minggu, 15 Desember 2013

Silabus 13



EVALUASI

  1. Definisi Evaluasi
(1)               Bloom et. al : “Evaluation, as we see it, is the systematic collection of evidence to determine whether in fact certain changes are taking place in the learners as well as to determine the amount or degree of change in individual students.”
Artinya : Evaluasi, sebagaimana kita lihat, adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
(2)               Stufflebeam et. al, :         “Evaluation is the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives.”
Artinya :  Evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternative keputusan.
(3)               Sukesilverius : “Professional judgment or a process that allows one to make a judgment about the desirability or value of something.”
Artinya : Pertimbangan professional atau suatu proses yang memungkinkan seseorang membuat pertimbangan tentang daya tarik atau nilai sesuatu.

  1. Tujuan Evaluasi Pendidikan
a)         Input :
Yaitu bahan mentah yang dimasukkan ke dalam transformasi. Dalam dunia sekolah maka yang dimaksud dengan bahan mentah adalah calon siswa yang baru akan memasuki sekolah. Sebelum memasuki suatu tingkat (institusi), calon siswa itu dinilai dahulu kemampuannya. Dengan evaluasi itu ingin diketahui apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan kepadanya.
b)         Output :
Yaitu bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi. Yang dimaksud dalam pembicaraan ini adalah siswa lulusan sekolah yang bersangkutan. Untuk dapat menentukan apakah seorang siswa berhak lulus atau tidak, perlu diadakan kegiatan evaluasi.
c)         Transformasi :
Yaitu mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Dalam dunia sekolah, sekolah itulah yang dimaksud dengan transformasi. Sekolah itu sendiri terdiri dari beberapa mesin yang menyebabkan berhasil atau gagalnya sebagai transformasi.bahan jadi yang diharapkan, yang dalam hal ini siswa lulusan sekolah ditentukan oleh beberapa factor sebagai akibat bekerjanya unsur-unsur yang ada. Unsur-unsur transformasi sekolah tersebut Antara lain :
a.         Guru dan personal lainnya.
b.         Bahan pelajaran.            
c.         Metode mengajar dan sistem evaluasi
d.         Sarana penunjang.
e.         Sistem administrasi.
d)         Umpan balik (feed back) :
Yaitu segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi. Umpan balik ini diperlukan sekali untuk memperbaiki input maupun transformasi. Lulusan yang kurang bermutu atau yang belum memenuhi harapan, akan menggugah semua pihak untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan penyebab kurang bermutunya lulusan.
Penyebab-penyebab tersebut Antara lain :
a.         Input yang kurang baik kualitasnya.
b.         Guru dan personal yang kurang baik.
c.         Materi yang tidak atau kurang cocok.
d.         Metode mengajar dan sistem evaluasi yang kurang memadai.
e.         Kurangnya sarana penunjang.
f.          Sistem administrasi yang kurang tepat.

  1. Fungsi Evaluasi Pendidikan
1.                  Evaluasi berfungsi selektif.
2.                  Evaluasi berfungsi diagnostic
3.                  Evaluasi berfungsi sebagai penempatan
4.                  Evaluasi berfungsi sebagai pengukuran keberhasilan
  1. Tujuan Evaluasi Hasil Belajar (Pendidikan)

1.      Tujuan Umum
a)  Untuk menghimpun data tentang taraf kemajuan dan perkembangan peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. (Sampai di mana keberhasilan mereka  dalam mencapai tujuan kurikuler).    
b)  Untuk mengetahui efektifitas metode pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.
2.      Tujuan Khusus
a)  Untuk merangsang peserta didik dalam program pembelajaran
b)  Untuk mencari faktor keberhasilan dan kegagalan peserta didik dalam mengikuti pembelajar


Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar